Ulasan Tentang Wamp Server dan WordPress

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas salah satu materi atau tugas yang pernah diberikan selama prakerin di Ideplex. Tugasnya yaitu bagaimana cara mendownload serta menginstall Wamp server dan wordpress. Sebelumnya, mungkin kalian sudah pernah mendengar istilah Wamp Server bukan? Apa itu sebenarnya Wamp Server dan apa kegunaannya? Nah, kali ini saya akan membahas semua tentang WAMP dan WordPress, mulai dari apa itu WAMP sampai dengan cara download dan instalasinya,
serta pengertian wordpress sampai dengan cara download dan instalasinya.

  • WAMP Server

Pengertian WAMP :

WAMP sebenarnya adalah singkatan dari Windows, Apache, MySQL, and PHP. Jadi, WAMP adalah web server berbasis Windows, WAMP menggunakan Apache Web Server untuk meng-handle request HTTP. Kemudian mereka menggunakan MySQL sebagai relational database system dan mendukung bahasa programming server-side PHP.

Wamp juga bisa diartikan sebagai software yang akan digunakan pada PC yang khusus berbasis OS Windows untuk dijadikan sebuah server yang bersifat local atau biasa disebut Locakhost. Kegunaan dari Wampserver adalah agar bisa merancang sebuah website terlebih dahulu pada PC tanpa perlu terhubung dengan server (webhosting) serta tanpa harus membeli domain. Tentunya hal ini bisa mempermudah dalam proses belajar membuat sebuah website atau blog.

Cara Download Wamp Server :

Untuk mendapatkan software Wamp Server, kalian bisa mengunjungi http://www.wampserver.com/ Kalian nantinya akan melihat pilihan WAMP yang bisa di Download. Berdasarkan dengan kapasitas windows laptop atau PC masing – masing, kalian bisa mendownload versi 32 bit atau 64 bit. Setelah memilih versi yang tepat, kalian akan dikirim ke halaman web sourceforge.net untuk memulai download.

Cara Instalasi Wamp Server :

Nah, kalau kalian sudah mendownload file WAMP Servernya, Kalian sudah bisa memulai proses intalasinya.

  1. Klik dua kali pada file wampserver yang telah didownload, setelah muncul pop up window seperti gambar di bawah, kemudian klik – Next>
  2. Cek pada “I accept the agreement” dan selanjutnya klik – Next>
  3. Klik – Next tanpa perlu merubah nama file dan lokasi (location) install.
  4. Centang pada kedua Additional icons apabila kalian ingin menampilkan short cut dan icon wamp pada desktop dan taskbar komputer, dan teruskan dengan cara klik – Next>
  5. Klik – Install, tunggu beberapa saat selama proses install.
  6. Biarkan tetap pada default, lanjutkan dengan mengklik – Next>
  7. Proses Install Wampserver ke computer telah selesai dengan baik, Klik – Finish
  8. Untuk membuktikan bahwa WampServer telah bekerja, akseslah http://localhost menggunakan web browser (IE atau Firefox) atau bias dengan cara klik icon wampserver pada taskbar kemudian klik localhost seperti tampilan dibawah ini.
  9. Jika muncul tampilan seperti dibawah ini, maka localhost telah aktif dan wampserver telah siap digunakan.
  10. NB : Jika icon wampserver berwarna hijau atau orange itu menandakan bahwa wampserver tidak bermasalah, jika wampserver berwarna merah maka wampserver masih bermasalah.
  11. Nah, sekarang software wampserver telah terinstall pada Laptop atau PC. Ada 2 Tahap berikutnya agar bisa menggunakan wampserver adalah dengan membuat user (pengguna) dan database dan terakhir yaitu dengan menginstall moodle dan cms yang akan digunakan seperti wordpress, joomla dan lain – lain.
  • WordPress

Pengertian wordpress :

WordPress adalah salah satu mesin blog atau salah satu alat untuk membangun sebuah blog dan sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat popular digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan DataBase MySQL.

Cara Download WordPress :

Untuk mendapatkan software Wordpess, kalian bisa mengunjungi wordpress.org Download wordpress 3.5 zip format.

Cara Install WordPress :

Kalau sudah mendownload file wordpress nya, kalian sudah bisa memulai proses instalasinya

  1. Extract file terlebih dahulu
  2. Copy atau cut folder wordpress 3.5 yang sudah diextract ke folder c:/wampp/www lalu paste dengan syarat wamp sudah terinstall di computer atau PC
  3. Buka web browser ketik localhost php/myadmin, jika sudah masuk dilaman localhost php myadmin buat database dengan nama wordpress
  4. Buka web browser ketik localhost kemudian klik wordpress dimenu yourproject atau ketik langsung localhost/wordpress/
  5. Klik create a configuring file
  6. Klik lets go
  7. Isikan seperti gambar dibawah ini
  8. Klik submit
  9. Klik run the install
  10. Isikan site title
  11. Klik login
  12. Pada laman login isikan username dan password
  13. Maka tibalah anda diblog atau web

Perlu diingat bahwa wordpress yang ada diwampserver adalah hanya untuk belajar membuat blog atau web secara offline dan hanya bisa ditampilkan dikomputer local anda, perlu beberapa cara untuk bisa ditampilkan secara online.

Simpulan :

WAMP adalah software yang akan digunakan pada PC yang khusus berbasis OS Windows untuk dijadikan sebuah server yang bersifat local atau biasa disebut Locakhost. Kegunaan dari Wampserver adalah agar bisa merancang sebuah website terlebih dahulu pada PC tanpa perlu terhubung dengan server (webhosting) serta tanpa harus membeli domain. Tentunya hal ini bisa mempermudah dalam proses belajar membuat sebuah website atau blog.

WordPress adalah salah satu mesin blog atau salah satu alat untuk membangun sebuah blog dan sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat popular digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan DataBase MySQL.

Di artikel ini kami sudah membahas semua tentang WAMP dan WordPress, mulai dari apa itu WAMP sampai dengan cara download dan instalasinya serta pengertian wordpress sampai dengan cara download dan instalasinya.

Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *