Ulasan Cara Install Team Viewer dan Cara Menggunakannya

Pada kesempatan ini saya akan mengulas salah satu dari banyak tugas atau materi yang pernah diberikan  selama prakerin di Ideplex, saya akan mengulas cara install team viewer dan cara penggunaannya.

Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu team viewer,  Team viewer adalah software yang bisa digunakan secara gratis untuk penggunaan personal maupun non-comercial-use asalkan terkoneksi dengan internet atau jaringan wifi. Team viewer  dapat digunakan untuk mengakses PC secara jarak jauh antara dua komputer atau lebih. Ada 3 jenis team viewer yang tersedia yaitu versi Installer, versi portable dan versi web base.

Fungsi team viewer :

  1. Software ini dapat digunakan untuk remote kontrol dengan salah satu komputer sebagai driver remotnya. Artinya satu komputer dapat mengendalikan komputer lainnya jika sudah terjadi koneksi.
  2. Dapat difungsikan untuk rapat dan sharing karena software ini juga menyediakan video dan call sehingga dapat saling berintegrasi secara langsung dengan rekan walaupun terpisahkan oleh jarak yang jauh.
  3. Tidak hanya dapat berintegrasi dengan satu teman namun dapat lebih.
  4. Dapat melakukan copy file dan transfer file dengan komputer yang kita kontrol dan kendalikan

Kelebihan team viewer :

  1. Transfer file kendali jarak jauh
  2. Penggunaan bersama grup
  3. Integrasi dengan Outlook
  4. Pencetakan jarak jauh yang disederhanakan
  5. Konsol manajemen baru

Kelemahan team viewer  :

  1. Kurang stabil dari biasanya
  2. Variabel kualitas gambar

Berikut tadi sedikit penjelasan tentang team viewer. Tem viewer adalah satu aplikasi remote dekstop, berikut ini adalah cara instalasi team viewer :

  1. Sebelumnya anda harus mendownload dahulu team viewer nya
  2. Setelah selesai mendownload langsung saja install dengan klik 2 kali pada file yang sudah di download dan akan muncul tampilan. Pilih Basic installation, personal/non commercial use dan klik accept – finish.
  3. Setelah itu akan muncul Run instalation dan klik YES
  4. Maka proses instalasi akan berlangsung
  5. Setelah instalsi selesai maka otomatis untuk aplikasi team viewer terbuka dan instalasi telah selesai dan team viewer siap digunakan.

Cara menggunakan team viewer

Sebelum dapat menggunakan team viewer syaratnya adalah ke-2 PC yang akan dihubungkan harus memiliki software team viewer dengan versi sama. Berikut ini sekilas penjelasan tentang cara pakai team viewer.

  1. Jalankan teamviewer di ke-2 PC, tunggu munculnya ID dan Password
  2. Hubungkan ke internet jika anda ingin meremte melalui internet
  3. Pilih jenis koneksi yang akan anda lakukan (remote support, presentation atau file transfer)
  4. Masukkan ID dan Password komputer yang akan di remote, kemudian klik “Connect to partner”

Tampilan utama team viewer, jika sudah tampil (Ready to connect(secure connection)) maka anda siap melakukan koneksi ke PC lain, kemudian masukkan ID PC klien jika koneksi berhasil maka akan muncul kotak “password”, isi password team viewer PC yang akan anda remote. Jika berhasil maka akan tampil desktop PC yang diremote tersebut.

Jika anda ingin melakukan File Transfer, maka pilih “File Transfer” pada bagian pilihan yang terlihat dibawah kotak ID, kemudian klik “Connect to partner”.

Jika ingin menggunakan password dan ID yang tetap maka cukup tempatkan kursor mouse pada bagian kotak password, pilih “Set user definied password” kemudian masukan password yang anda inginkan.

  • kesimpulan

Dalam melakukan praktek pasti dikenal dengan prosedur dan tata cara, begitupun pada waktu melakukan kontrol jarak jauh menggunakan aplikasi team viewer. Pada saat melakukan jarak jauh ini harus dipastikan adalah koneksi internet yang stabil, karena koneksi internet bisa memengaruhi cepat dan lambatnya pekerjaan dengan menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu kita harus memperhatikan koneksi internet kita.

Berikutnya adalah memperhatikan versi aplikasi team viewer, karena aplikasi versi yang lama tidak akan mengontrol team viewer versi terbaru. Sebaliknya aplikasi team viewer terbaru bisa mengontrol aplikasi team viewer versi lama.

Begitu tadi ulasan yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya atau ada kesalahan kata dalam penyampaian saya minta maaf yang sebesar-besarnya.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *