Sistem Penguncian Tagihan Pasien

Bila kamu pernah menggunakan SIMRS dari Ideplex, maka akan ditemukan di sedikit kasus tentang perbedaan rincian tagihan saat pasien melakukan pembayaran dan setelah pasien pulang.

Misalnya, pada pukul 09:00 pasien A yang melakukan pembayaran di kasir. Kasir melakukan proses penarikan/crawler tagihan pasien dengan total tagihan Rp 1.000.000,-. Kemudian kasir menambahkan pembayaran sesuai dengan total tagihan. Maka tagihan tersebut lunas alias tidak ada kurang/lebih bayar.

Kemudian pukul 10:00, karena ada keperluan tertentu, kasir melakukan proses penarikan/crawler tagihan pasien. Dan ternyata total tagihannya menjadi Rp 950.000,-. Sehingga menyebabkan terisinya info kurang/ebih bayar sejumlah Rp 50.000,-

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata ada retur resep farmasi pada pukul 09:20 sebesar Rp 50.000,-

Artinya selisih ini terjadi karena ketika kasir melakukan proses penarikan tagihan, masih terdapat unit yang menginput tagihan. Seharusnya proses penarikan tagihan oleh kasir dilakukan setelah semua tagihan dari unit-unit sudah selesai.

Maka untuk menyelesaikan permasalahan ini, pada modul kasir SIMRS dilakukan update untuk melakukan penguncian tagihan sebelum dilakukan proses penarikan tagihan. Hal ini untuk mencegah unit-unit menginput/mengedit tagihan ketika kasir melakukan proses penarikan tagihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *