PANDUAN CARA MENGINSTALL MYSQL WORKBENCH

Bila Anda akan mengelola data dengan ukuran yang besar pada MySQL misal untuk backup dan restore database, biasanya PhpMyAdmin tidak dapat melakukan hal tersebut. Untuk lebih amannya, kita dapat menggunakan MySQL Workbench. Kalau ingin mengetahui lebih detail tentang MySQL Workbench, bisa klik disini

Sekarang kita akan belajar cara menginstall MySQL Workbench. OS yang kami gunakan adalah windows 10. Versi MySQL Workbench yang akan kita install adalah versi 6.3.9. Mari kita mulai tahapan untuk mengintallnya:

1. Pertama, Anda dapat mendownload MySQL Workbench disini. Lalu klik pada kalimat berikut “No thanks, just start my download.”
2. Sebagai catatan, untuk menginstall MySQL Workbench diperlukan 2 library untuk Windows 10 yaitu Microsoft .NET Framework 4.5 dan Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015. Bila nanti ada peringatan untuk menginstall kedua library ini, silahkan menginstall terlebih dahulu.
3. Klik pada file installer MySQL Workbench yang telah didownload. Bila muncul kotak dialog, klik run
4. Ketika kotak dialog instanlasi telah muncul, klik Next
5. Kemudian Anda akan ditanya destinasi folder untuk menginstall MySQL Workbenc. Secara default, akan masuk ke C:\Program Files/. Kemudian klik Next
6. Lalu pilih tipe setup complete, klik next
7. Setelah muncul ready to install, klik Install
8. Tunggu hingga loading selesai, lalu klik Finish

MySQL workbench telah siap untuk digunakan