FRAMEWORK SMIS X LARAVEL

Bahasan kali ini tentang framework.

Mungkin terdengar agak teknis. Sehingga bagi customer, akan terdengar membosankan atau kurang penting hehe 🙂

Bagi kami, ini adalah awal mula kami membuka diri pada framework yang lebih umum. Framework yang lebih dikenal oleh banyak programmer di Indonesia

Framework secara sederhana adalah sebuah kerangka kerja dibuat (dan disepakati) untuk mempermudah programmer membuat sebuah software atau aplikasi.

Selama ini beberapa software di Ideplex, misalnya SIMRS IdeHospital, kami kembangkan dengan framework yang kami buat sendiri yang kami namakan SMIS.

Kami meyakini dengan framework yang dibuat secara mandiri akan mempercepat update framework. Dan isu tentang keamanan framewok akan lebih baik karena dikembangkan dan digunakan oleh tim kami sendiri.

Namun, kami pun menghadapi masalah baru.

Salah satunya adalah kami kekurangan tim programmer yang mengetahui framewok SMIS. Programmer baru di Ideplex harus belajar dengan framework SMIS yang mana kurang familiar dengan itu.

Dan itu memakan waktu cukup lama.

Belum lagi ditambah keluar masuknya programmer baru. Ya artinya pembelajaran framework SMIS sekian lama, harus hilang saat programmer tersebut keluar

Untuk tetap sustain, kami harus sedikit memodifikasi framework kami. Membuat agar framewok kami bisa berkolaborasi dengan framework lain.

Saat ini, framework umum yang kami pilih, jatuh pada laravel

SMIS x Laravel

Dengan modifikasi framework ini, kami berharap tim programmer kami bisa lebih berkembang secara jumlah. Kemudian, tim tersebut dapat berkolaborasi mempercepat pengembangan software kami.

Beberapa fitur yang sudah kami kembangkan dengan framework laravel adalah dashboard pelayanan dan dashboard keuangan.

Kami sangat senang dengan hal ini dan berharap bisa menebarkan manfaat lebih banyak lagi. Aamiin 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *